BeritaInternasional

Dubes Spanyol Fransisco Aguilera Aranda Apresiasi Kinerja KEJAGUNG Dalam Pemberantasan Korupsi

Jakarta, (Jnnews) || Bertempat di Lantai 10 Gedung Menara Kartika, Jaksa Agung ST Burhanuddin didampingi oleh Kepala Biro Perencanaan Narendra Jatna, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Asep Maryono, Kepala Pusat Penerangan Hukum, Ketut Sumedana, Asisten Umum Jaksa Agung, Herry Hermanus Horo, Asisten Khusus Jaksa Agung, Hendro Dewanto, Kepala Bagian Tata Usaha Umum dan Pimpinan, Apsari Dewi menerima kunjungan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda yang didampingi oleh Wakil Duta Besar Spanyol untuk Indonesia Diego Santiago Rivero, pada Senin (22/8/2022).

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia menyampaikan bahwa dari beberapa media massa dan elektronik Indonesia, pihaknya mendapatkan informasi yang cukup menarik dari sisi penegakan hukum. Selain itu, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia mengatakan maksud kedatangannya di Kejaksaan Agung adalah dalam rangka memberikan support atau dukungan terhadap beberapa hal terkait penegakan hukum, contohnya melakukan pelatihan bersama, studi banding, mengirim jaksa-jaksa di Indonesia ke Spanyol dalam rangka mendapatkan gambaran yang baik dan efektif dalam penanganan perkara tindak Pidana korupsi di Indonesia.

Foto; Rec.dok

“Kami mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Kejaksaan selama ini terkait dengan pemberitaan yang sangat positif bagi masyarakat, negara, dan pemerintah Indonesia, termasuk di luar negeri untuk mendapatkan suatu apresiasi dan menjadi perhatian yang luar biasa. Institusi bapak memegang kunci penegakan hukum secara konstitusi di Indonesia dan Indonesia baru merayakan ulang tahun ke-77, dan dari berita yang saya tonton, banyak berita positif penegakan hukum di Indonesia terkait dengan Kejaksaan terutama mengenai pemberantasan tindak pidana korupsi dan beberapa hal mengenai pelacakan aset (asset tracing). Itu menjadi concern sehingga kami merasa perlu hadir di tempat ini untuk memberikan dukungan positif,” ujar Duta Besar Spanyol untuk Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia juga bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja sama antara Kejaksaan Spanyol dan Kejaksaan Republik Indonesia, dimana Spanyol memiliki nilai-nilai demokrasi, asas hukum, dan tentu pihaknya sangat menghormati kinerja Kejaksaan selama ini dan berharap dapat mendukung dalam penegakan hukum.

Selanjutnya, Jaksa Agung mengucapkan selamat datang dan mengaku sangat senang atas kedatangan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia di Kejaksaan RI. Jaksa Agung mengatakan Kejaksaan RI menaruh perhatian penuh terhadap semua penanganan perkara, akan tetapi hal utama yang menjadi fokus adalah penanganan perkara tindak pidana korupsi dalam rangka meningkatkan IPK (Indeks Persepsi Korupsi) yang saat ini masih sangat rendah.

“Kami sangat menyambut baik apabila ke depan ada kerja sama dengan pemerintah Spanyol terkait dengan penegakan hukum dan pendidikan/pelatihan. Kita juga ada kasus warga negara Spanyol yaitu di Bali dan Tangerang tentang Narkotika dan pencucian uang (money laundering). Mungkin perkara tersebut kedepan bisa dikomunikasikan sebagai awal kerja sama,” ujar Jaksa Agung.

Foto; Rec.dok

Kemudian, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia menyampaikan terima kasih atas sambutan Jaksa Agung dan informasi yang diberikan. Duta Besar Spanyol untuk Indonesia menyatakan pihaknya siap membantu dalam memberikan data-data apapun terhadap warga negara Spanyol dalam rangka penegakan hukum.

Banner Iklan Sariksa

“Untuk saat ini, kita bisa memetakan mengenai Memorandum of Understanding (MoU) di masa yang akan datang. Ide yang sangat bagus mengirimkan tim Jaksa Indonesia untuk melakukan studi banding ke Spanyol sehingga kebutuhan untuk kerjasama bisa diformalkan termasuk untuk penyusunan MoU bersama,” ujar Duta Besar Spanyol untuk Indonesia

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya mendapat informasi yakni Kejaksaan RI memiliki program pembangunan sistem intelijen yang membutuhkan banyak biaya, teknologi, dan program untuk bisa didiskusikan, serta menyatakan siap membantu dari sisi pendanaan maupun teknologi dan kedepan harus lebih serius untuk menjajakinya dan kami berkomitmen untuk mendukung program dimaksud.

Mendengar hal tersebut, Jaksa Agung mengatakan Kejaksaan RI sangat terbuka untuk kerja sama di bidang intelijen sekaligus penegakan hukum dari berbagai negara termasuk negara Spanyol dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang intelijen Kejaksaan dan penegakan hukum, dan kedepannya Kejaksaan akan membentuk tim kecil dalam rangka menindaklanjuti kerja sama ini agar dapat terealisasikan dan berjalan dengan baik.

Pertemuan antara Jaksa Agung dengan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. /K.3.3.1/sn

Sumner ; Puspenkum Kejagung RI

Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button