BeritaDaerah

Pemkot Bandarlampung Bangun Tanggul Laut

Bandarlampung, (www.JNnews.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung berencana membangun tanggul laut untuk mengatasi masalah banjir rob yang kerap melanda wilayah pesisir.

“Selain melakukan normalisasi sungai kita juga konsen terhadap wilayah pesisir, kita berencana membenahi muara suangai di pesisir dan membangun atau meninggikan tanggul laut,” kata Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana di Bandarlampung, Senin (22/3).

Dia mengatakan, pemkot pun sedangn konsen memperbaiki sungai yang ada di wilayah pesisir, sebab air yang berada di kota harapannya dapat mengalir ke laut.

Sehingga banjir yang melada Kota Bandarlampung selama ini cepat surut, sebab airnya langsung dialiri ke laut melalui suangi yang sudah ada.

Oleh sebab itu, pembenahan sungai akan dipercepat pelakanaanya dan minggu lalu pun seluruh kecamatan di Kota Bandarlampung telah malaksanakan program grebek sungai yaitu membersihkan sungai dari sampah.

Untuk menormalisasikan semua sungai bukan hanya dengan mengeruk saja, tapi pihaknya juga akan meninggikan pondasinya sekitar satu diatas pondasi lama sehingga bisa menampung debit air jika hujan deras.

“Kita juga akan memerintahkan Dinas PU untuk membuat pintu air di semua sungai yang berada Bandarlampung untuk menahan air kiriman jika debit air sudah tinggi dari perbatasan kota dan membuka kalau airnya sudah normal,” katanya.

Banner Iklan Sariksa

Ia mengharapkan, Bandarlampung bisa menjadi kota yang bebas banjir di kepimpinannya dan warga tidak lagi cemas jika hujan deras.

Eva mengatakan, bencana banjir yang kerap terjadi di setiap musim penghujan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya curah hujan yang di atas normal dan adanya pasang naik air laut.

editor roy

redaksi –

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button