BeritaDaerah

Penerapan Tilang Elektronik Dimulai Hari Ini

Lampung, (www.JNnews.co.id) – Penerapan tilang elektronik di Provinsi Lampung, Wilayah Kota Bandarlampung dimulai hari ini.

“Per hari ini tilang elektronik akan mulai berlaku, saya harap juga masyarakat mulai tertib dan hati-hati, jangan sampai nanti ada surat tilang sampai ke rumahnya,” kata Kapolda Lampung Irjen Irjen Pol Hendro Sugiatno, di Bandarlampung, Selasa (23/3).

Dia mengatakan, penerapan tilang elektronik harus bisa mengubah budaya masyarakat Lampung dalam berlalu lintas.

“Kita harus bersyukur karena Lampung menjadi 12 daerah pertama di Indonesia yang melakukan penerapan ETLE. Kita harap dengan ini masyarakat dapat mengubah budaya berlalulintasnya,” katanya.

Ia mengatakan penerapan ETLE di lima titik dengan 10 titik kamera pemantau di Kota Bandarlampung yakni Jalan Sultan Agung Simpang TL Kimaja dari (Arah Fly Over Kimaja), Jalan Cut Nyak Dien Simpang TL Tamin dari (Arah Agus Salim Bawah), dan Jalan Pattimura TL Begadang Resto dari (arah Jalan Pattimura). Kemudian di Jalan ZA Pagar Alam tepatnya JPO UBL dari (dari dua arah) dan Jalan Kartini JPO Garuda.

Menurut Kapolda, dengan adanya ETLE ini juga penegakan hukum kepada masyarakat akan semakin berkeadilan.

“Jadi dengan ETLE ini tidak akan lagi interaksi antara pelanggar dan petugas di lapangan karena sekarang semua berbasis teknologi,” katanya.

Banner Iklan Sariksa

Ia melanjutkan, petugas kepolisian dan masyarakat pun harus siap dengan itu, serta menyesuaikan diri dengan semakin berkembangnya teknologi informasi.

Ia pun menegaskan dengan ETLE tersebut sangat memungkinkan penegak hukum untuk menindaklanjuti tindak kejahatan di jalan raya seperti tabrak lari atau lainnya.

“Sangat memungkinkan untuk itu, sekarang memang baru lima titik ETLE yang baru dipasang, namun ini kan akan terus berkembang dibantu dengan pemerintah daerah,” kata dia.

Sementara itu Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengungkapkan akan mendukung penuh pihak kepololisian dalam penegakan tilang secara elektronik.

“Sekarang kita kan hanya sebagai protokol saja, namun ke depan kami juga menginginkan di setiap sentral di kecamatan di Bandarlampung dipasangi kamera pemantau sehingga dapat mengurangi tindak pelaku kejahatan,” katanya.

editor Roy

redaksi –

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button