BeritaDaerah

Susun RPJMD, Bappeda Lampung Tengah Akan Jalin Kerjasama Dengan Unila

LAMPUNG, (www.JNnews.co.id) | Kepala BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah, Rony Witono, S.T., M.M. bersama Staf Ahli Bupati BIdang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. Eko Dian Susanto, M.I.P, dengan didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah, Ari Nugraha Mukti, S.STP, M.M dan Kasubbid Data dan Informasi Pemerintahan Daerah BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah, Syahfrudhin Widhyarta, S.A.P, M.S.Ak melakukan kunjungan kerja ke Universitas Lampung (Unila), pada tanggal 09 Maret 2021.

Kunjungan Kerja dimaksud dalam rangka konsultasi dan koordinasi dengan pihak Unila terkait dengan Agenda Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021-2026. Kunjungan tersebut disambut oleh Prof. Dr. Yulianto, M.S. selaku Wakil Rektor Unila Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, beserta tim kerja Unila.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah mengutarakan bahwa, “sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri 86 Tahun 2017 pasal 12 yang menyebutkan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan Daerah dan
keuangan Daerah, serta program Perangkat Daerah dan lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW dan RPJMN, dan menurut pasal 14, BAPPEDA berkewajiban untuk menyusun RPJMD tersebut”.

Foto ; Rec.dok

Kepala BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah juga menjelaskan bahwa BAPPEDA “Kabupaten Lampung Tengah telah menyusun RPJMD Teknokratik sebelum penetapan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah 2021-2026 Terpilih, dan mulai untuk menyusun RPJMD Kabupaten Lampung Tengah dengan berpedoman pada visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah 2021-2026 Terpilih”.

Oleh karena itu, Kepala BAPPEDA Kabupaten Lampung Tengah bermaksud untuk melakukan kerjasama dengan pihak Unila dan berharap Unila dapat memberikan dukungan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021-206. Pihak Unila dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah karena pengalaman Unila dalam membantu Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan Universitas Terbaik di Provinsi Lampung.

Sementara, Prof. Dr. Yulianto, M.S. pun mengutarakan bahwa Unila memiliki kewajiban dalam pengabdian kepada masyarakat, salah satunya membantu Pemerintah Daerah dalam menyusun RPJMD. “Oleh karena itu, Unila siap untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam menyusun RPJMD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021-2026”, kata Dia.

Pihak Unila berharap kerjasama yang akan dilaksanakan, dilandasi dalam suatu Nota Kesepahaman antara Pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dengan Pihak Unila, dan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama sesuai dengan Peraturan LKPP No 8 tahun 2018 tentang Pedoman Swakelola, terutama Pedoman Swakelola Tipe II. /Bappeda Lamteng

Banner Iklan Sariksa

Editor-admin

Redaktur-

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button