BeritaDaerah

RSUP Dr Mohammad Hossein Memiliki Alat Untuk Mencegah Dini Penyakit Jantung Pada Bayi

Palembang, JNNews.co.idRumah Sakit Umum Palembang (RSUP) Dr H Mohammad Hossein bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Unsri) mengembangkan alat untuk mendeteksi dini pada ibu hamil yang berupa software atau suatu perangkat, demikian diutarakan oleh Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr H Mohammad Hossein dr. Msy Rita Dewi, M.S.Sp.A(K),MARS dengan didampingi oleh dr. Nuswil Bernolian, SpOG, Subsp.KFM, MARS dan dr. Rani Windiarti.

Dikatakan PLT Dirut RSUP Dr H Mohammad Hossein didampingi lainnya, dimana kami mengembangkan penelitian di Rumah Sakit Umum Palembang (RSUP) Dr H Mohammad Hossein ini mendeteksi kelainan jantung janin didalam kandungan.

“Ini salah satu kendalanya memang kita susah sekali menentukan dan menegakkan khususnya penyakit jantung pada janin itu susah,” Jelasnya saat konfrensi pers di Rumah Sakit Umum Palembang (RSUP) Dr H Mohammad Hossein, Selasa (02/08/2022)

Kemudian, kadang-kadang bayinya lahir tahu-tahu penyakit jantung meninggal, sakit jantung meninggal tidak ketahuan, karena memang susah menanganinya itu kendala utama kita, Jadi banyak sekali penyakit jantung lahir bayinya tidak tertolong dengan meninggal. jadi kita tidak sempat menyiapkan apa-apa.

“Tidak sempet menyiapkan peralatan menolongnya, tidak sempat menyiapkan kamar operasinya, dan sebagainya,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, sebetulnya itu bisa di deteksi didalam kandungan, tapi memang sulit. Makanya kita mengembangkan alat, kita kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Unsri membuat suatu software atau suatu perangkat yang nanti perangkat tersebut akan dipasang di alat USG.

“Dimana alat USG sekarang sudah canggih-canggih pun tidak bisa menegakkan diagnosis, karena tergantung dari tenaga ahlinya,” katanya.

-

Masih disampaikannya, dimana untuk ahli tenaga jantungnya tidak banyak, untuk di RSUP Dr H Mohammad Hossein yang aktif ada 4, Makanya kita kembangkan suatu alat yang nanti bisa membantu menegakan diagnosis, oh ini jantung ini normal, oh jantung ini tidak normal.

“Sehingga alat itu dipasang di USG akan lebih mudah dokter SPOg umum, dokter umum bisa dirujuk ke konsultan internal. Sehingga kita bisa preopening nanti, baik ada kelainan A, kelainan B kita siapkan,” bebernya.

Ditambahkannya, dimana otomatis nanti lahir kalau misalnya di RSUP Dr H Mohammad Hossein dengan peralatan lengkap dan semuanya siap, dokter jantung anak kita ada, dokter bedah kita ada, dokter bedah jantung juga ada, sehingga semua penanganan bisa komprehensif di RSUP Dr H Mohammad Hossein.

“Sehingga akan meningkatkan angka harapan hidup bayi-bayi penderita penyakit jantung. Kalau kita bisa mendeteksi dari dalam kandungan dari awal, jadi kita punya waktu untuk menyiapkannya,” jelasnya.(DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/