BeritaDaerah

PLN UP3 Balikpapan Siap Mendukung IKN Nusantara

Balikpapan, (Jnnews) | PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berkomitmen memberikan dukungan dalam persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Eko Hadi Pranoto Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Balikpapan, Kalimantan Timur menerangkan kepada awak media berkaitan Kesiapan PLN Menyambut IKN Nusantara.

“Terkait hadirnya IKN yang berada di lingkungan Sepaku adalah di bawah unit yang kami tangani di UP3 Balikpapan. Kami menyambut baik hadirnya  Ibu kota Negara yang ada di lingkungan Balikpapan dan pada prinsipnya kami dari PLN dengan ketersediaan daya dan pasokan yang saat ini ada, kami siap menyambut tumbuh dan kembangnya perekonomian melalui hadirnya IKN, terangnya pada Sabtu (15/10/2022).

Kemudian, Saat ini khusus untuk wilayah Sepaku dan Balikpapan terutama di Kaltim-Kaltara (Kaltimra) sistem saat ini sudah disuplai melalui interkoneksi melalui sistem yang terkoneksi dengan wilayah di Kalimantan Selatan dan kami sampaikan juga untuk semua pelanggan PLN bahwa sistem yang ada di Kaltimra saat ini surplus 400 Megawatt jadi Kami sangat optimis untuk bisa mensuplai kebutuhan IKN maupun kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.

“Terkait rencana pembangunan yang ada di IKN bisa kami sampaikan bahwa kami sudah mulai bergerak diawali dari agenda Nasional yang sudah dilaksanakan oleh Bapak Presiden, kami saat ini sudah membangun jaringan permanen yang mensuplai mulai dari kawasan Titik Nol sampai yang di dalam di ujung yaitu Posko Aju Kodam, jaringan itu permanen dan untuk persiapan pra konstruksi dan pembangunan yang lainnya saat ini kami juga mulai sudah menyiapkan pembangunan-pembangunan jaringan di sisi luarnya yang bertujuan untuk memperbanyak jalur yang akan bisa dipergunakan mulai dari pra konstruksi sampai persiapan nanti ketika mulai aktif,” ungkapnya.

Manager yang kerap disapa Eko menambahkan, Jadi sistem di Kaltimra di Kalsel saat ini sudah terinterkoneksi ada beberapa pembangkit baik di Kaltim maupun di Kalsel ini sudah bergabung melalui transmisi 150 KV,  makanya sistem kami saat ini secara keseluruhan surplusnya sudah mencapai 400 megawatt.

“Kami sampaikan 400 megawatt itu sangat siap untuk mencukupi kebutuhan mulai dari pra konstruksi dan bahkan untuk kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lainnya di luar IKN. Jadi untuk saat ini yang kami siapkan desain IKN ini disuplai dari beberapa gardu induk dan kami sudah mulai proses untuk menyiapkan gardu induk di sekitaran kawasan IKN otomatis IKN akan dapat di suplai dari multi jalur sehingga percepatan-percepatan penormalan pada saat terjadi down time ini juga sudah kita antisipasi dan tidak hanya di IKN di sistem yang lain pun juga berlaku sama seperti itu,” ujarnya.

-

Selain itu, kami fokus untuk menyiapkan sarana dan prasarana kelistrikan untuk mensukseskan semua program pemerintah dalam hal kita membahas IKN kami siap mendukung IKN dan kami sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan itu.

“Kami sangat siap, jadi kami mengantisipasi itu mulai dari ketersediaan pasokan daya surplus sekitar 400 megawatt dan juga saat ini mulai tumbuh beberapa perumahan-perumahan dan itu pun juga dengan cepat kami sudah mulai melayani dan kami sangat-sangat antusias itu kami sambut baik, kami tangkap peluang itu kami layani dan saat ini tidak ada kendala di kami untuk mencukupi kebutuhan listrik semua masyarakat di Balikpapan maupun di Kaltimra.

“Pelanggan kami yang terhormat jangan ragu untuk memanfaatkan energi listrik kami mulai dengan merubah gaya hidup menjadi gaya hidup Elektrik City Lifestyle pada prinsipnya kami PLN siap untuk mensupport semua kebutuhan listrik semua pelanggan yang ada di Balikpapan khususnya maupun yang ada di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara,” Pungkasnya. /SN

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/