BeritaDaerah

Penkum Kejati Lampung Beri Sosialisasi Hukum Kepada Kepala Sekolah se-Kabupaten Lampung Timur

Lampung, (Jnnews) | Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung beserta Tim Penyuluh kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Hukum yaitu Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) bertempat di Aula Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur, pada Selasa (21/11/2022).

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema yaitu pengawasan dan penggunaan dana bantuan operasional Sekolah dan dana Komite Sekolah.

Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Lampung, I Made Agus Putra A, S.H, M.H menyampaikan bahwa berdasarkan amanat Undang-undang Kejaksaan yaitu Undang-Undang Nomor 11 tahun 2021 bahwa fungsi Kejaksaan untuk memberikan pencegahan tindak pidana korupsi yaitu dengan program Penerangan Hukum, sehingga tugas pokok dan fungsi Kejaksaan mengupayakan tindakan preventif dan deteksi dini terjadinya suatu tindak pidana.

Foto; Rec.dok

“Pelaksanaan kegiatan Penerangan Hukum  bertujuan untuk melakukan pengawasan pengelolaan keuangan dana bantuan operasional sekolah yang berada pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Se – Kabupaten Lampung Timur agar bisa dilaksanakan semaksimal nungkin sesuai dengan keperluan sekolah serta untuk meminimalisir penyimpangan ataupun penyelewengan yang diatur dalam undang – undang terkait Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Terselenggaranya Sosialisasi Penerangan Hukum merupakan langkah Kejaksaan Tinggi Lampung untuk melakukan pendekatan persuasiv kepada Kepala Sekolah, Bendahara, dan Komite Sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Timur untuk berkoordinasi dan melakukan pembinaan dengan tujuan menekan perilaku penyimpangan dalam kegiatan pengelolaan keuangan bantuan operasional sekolah”, kata Kasipenkum.

Hadir dalam sosialisasi Hukum tersebut Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Lampung beserta Tim, Ketua MKKS, Sekretaris MKKS, seluruh Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Bendahara Komite se-Kabupaten Lampung Timur. /Sn

Red

-

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/