BeritaDaerah

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Masuk Sekolah (GSMP MAS),

Palembang, JNNews.co.id –Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir Ruzuan Effendi, M.M mengajak para siswa untuk menggalakkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Masuk Sekolah (GSMP MAS), dimana tujuannya adalah untuk mengubah mindset siswa dari pembeli menjadi produsen.

Dimana itu terungkap saat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel menggelar panen perdana demplot percontohan tanaman sayuran dalam polibag di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 dalam rangka GSMP Masuk sekolah di Provinsi Sumsel, Jumat (12/05/2023).

Dikatakan Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Ir Ruzuan Effendi MM mengatakan, program GSMP ini bukan hanya program Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan tapi seluruh instansi dan semua lapisan masyarakat.

Dimana kita libatkan semua termasuk sekolah karena ini harus masuk untuk seluruh lapisan masyarakat.

“Namanya gerakan jadi kalau gerakan ini kalau sudah bergerak berarti dimulai dari ujung kaki sampai ujung rambut harus bergerak,” ujarnya.

Kemudian, dimana untuk program GSMP sesuai dengan namanya maka seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya di Palembang saja, tapi seluruh di kabupaten/kota di Sumsel ini.

Semuanya harus bergerak untuk mensosialisasikan dan untuk merubah mindset dari menjadi pembeli menjadi produsen.

-

“Kalau dilihat dari persentase masih cukup jauh, dimana sudah terlihat progresnya dengan apa yang sudah kita capai,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, memang belum separuh desa yang dilaporkan terlibat di GSMP. Tapi angka kemiskinan dan angka stunting itu sudah terlihat menurun. Ini tugas kita semua bukan tugas kami saja, tapi tugas seluruh masyarakat untuk mensosialisasikan ini.

“Sekolah merupakan sumber calon pemimpin, calon ibu rumah tangga dan calon bapak rumah tangga, maka ini juga harus dilakukan serta mensosialisasikan GSMP ini,” katanya.

Menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel Muhammad Yaser, S.E, dimana kegiatan hari ini adalah di GSMP masuk sekolah, kita senang karena ini program dari provinsi Sumsel.

Dimana program ini sebenarnya bertujuan untuk merubah pola pikir yang tadinya berpola pikir konsumtif menjadi berpola pikir produktif.

“GSMP sudah masuk sekolah-sekolah. Jadi diharapkan dari tenaga pendidik maupun siswa dan siswi ataupun wali murid bisa bergerak bersama dan memastikan program dari bapak Gubernur ini berjalan di masyarakat” imbuhnya.

Begitu juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel Mondyaboni, S.E.,S.Kom., M.Si, dimana Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel sangat mendukung program Gubernur Sumsel yakni GSMP. Ini adalah sebuah program yang menumbuhkan sikap kemandirian generasi muda kedepannya.

“Dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar sekolah dengan penanaman bibit tanaman dapat mendorong setiap sekolah untuk menjadikan anak didiknya berjiwa produktif,” bebernya.

Tidak jauh beda diungkapkan, Kepala SMK Negeri 2 Palembang H Suparman, S.Pd.,M.Si, GSMP ini dilakukan di sekolah-sekolah sehingga hal tersebut dapat mematik produktivitas anak didik. Kegiatan produktif ini dapat menjadi ekstrakurikuler di sekolah sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Melalui GSMP masuk sekolah diharapkan dapat menumbuhkan kemandirian sejak dini. Sehingga generasi penerus dapat lebih siap bersaing. Kegiatan ini tentu akan membawa perubahan dengan program GSMP masuk sekolah ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel yang telah memberikan motivasi yang luar biasa kepada warga besar SMK di Sumsel,” jelasnya.(DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/