BeritaDaerah

Unsri Buka Pendaftaran Jalur USMB Tahun 2023

Palembang, JNNews.co.id –Rektor Universitas Sriwijaya (UNSRI) dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I bidang Akademik sekaligus panitia Prof Ir Zainuddin Nawawi, PhD.,IPU, didampingi Koordinator Humas USMB UNSRI Prof Dr H Zulkifli Dahlan, M.Si.,DEA menghadiri serta memberikan keterangan pers dengan rekan media mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik Tahun 2023 UNSRI untuk Jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

Dikatakan Wakil Rektor I UNSRI bidang Akademik sekaligus panitia Prof Ir Zainuddin Nawawi, PhD.,IPU, USMB ini sendiri sudah berlangsung beberapa tahun yang lalu, sebetulnya dari mulai zaman Ridho itu sudah ada USMB sudah bergabung, tapi bergabung menjadi ramai sesudah 4-5 tahun yang lalu.

Ditahun ini ada satu lagi yang bertambah yaitu Universitas Serasan dari Muara Enim Prof Tuti, dan Rektornya juga turut hadir bersama kita diacara ini.

“Sedangkan dari evaluasi dan penyelesaian dengan sistem penerimaan seleksi nasional dimana tesnya sendiri ada dua yakni tes skolastik dan tes literasi,” ujarnya.

Kemudian, ada perubahan baik dalam pengkodean, mata uji, dan juga walaupun sedikit ada namanya perubahan dalam waktu masa pengujiannya itu paling tidak. Dengan bertambahnya universitas barangkali tidak, pintu masuknya saja yang bertambah untuk serasan.

Jadi masing-masing peserta ini kan punya keinginan, kalau memang akan kuliah di Muara Enim, semestinya milih Universitas Serasan,

“Atau orang Palembang yang kebetulan berdomisili di Muara Enim bisa juga mengikuti tes disini, karena pas disini,” ungkapnya.

-

Dilanjutkannya, tapi memilihnya dimana tempat, demikian juga dengan Universitas Musi Rawas, sekarang tidak lagi dibeda-bedakan berdasarkan status Perguruan Tingginya. Tapi program studinya yang lebih dilihat, menyelenggarakan pendidikan apa, kurikulumnya apa, dan akreditasinya paling tidak Baik atau “B”.

Jadi peserta itu sudah sangat cerdas mana yang mereka akan pilih. Untuk skolastik itu pemahaman, bacaan, penalaran, baik dari aspek kalimat, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan ada juga bagian dari matematikanya.

“Matematika dalam arti untuk tes skolastik, angka-angka, demikian juga literasi, ada bahasa Inggris, bahasa Indonesia penalaran matematikanya, bukan ujian matematika, tetapi penalaran matematikanya,” katanya.

Masih dilanjutkannya, untuk peserta UTBK Nasional dari gelombang I dari hasil evaluasi, ada anak peserta itu kiranya kalau dari provinsi Jambi ke Palembang itu sekian jam dengan naik travel/bis sekian jam tapi tidak dihitungnya untuk kemacetan di Betung dan dimana-mana.

Sehingga sampai dikota Palembang ujian sudah dimulai, mereka masih mencari tempat, maka kita himbau agar mereka bisa hadir 1 hari sebelum ujian dimulai. Gelombang II untuk yang belum, USMB nanti untuk putaran yang terakhir, tapi yang untuk gelombang II UTBK SNBT juga diingatkan ada I gelombang lagi.

“Adapun jadwal UTBK-USMB 2023 ini terdiri dari Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang I yang dimulai pada tanggal 8 – 14 Mei 2023, Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang II dimulai dari tanggal 22 – 28 Mei 2023, Pendaftaran USMB 2023 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA Ke Sarjana Strata I) yang dimulai dari tanggal 16 Mei – 24 Juni 2023,” imbuhnya.

Masih disampaikannya, pendaftaran USMB untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ke Diploma III dan Diploma III ke Sarjana Strata I yang dimulai dari tanggal 16 Mei – 08 Juli 2023m Selain itu ada Pengumuman UTBK-SNBT 2023 yang dimulai dari tanggal 20 Juni 2023, Pelaksanaan Tes USMB untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ke Sarjana Strata I yang dimulai dari tanggal 27 – 30 Juni 2023.

Pengumuman USMB 2023 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ke Sarjana Strata I yang dimulai dari tanggal 6 Juli 2023. Untuk pelaksanaan Tes USMB untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ke Diploma 3 dan Diploma 3 ke Sarjana Strata I yang dimulai pada tanggal 11 Juli 2023, dan Pengumuman USMB 2023 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ke Diploma III dan Diploma III ke Sarjana Strata I dimulai tanggal 14 Juli 2023.

“Adapun Perguruan Tinggi Peserta USMB Tahun 2023 ini yakni Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Katholik Musi Charitas, Universitas MDP, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Musi Rawas, Universitas PGRI Palembang, Universitas Tridinanti Palembang, Universitas Sumatera Selatan,” bebernya.

Ditambahkannya, ada juga Universitas Taman Siswa, STISIPOl Candradimuka, STIE/Akubank Mulia Darma Palembang, dan Universitas Serasan. Adapun ujian dilaksanakan di kampus UNSRI Bukit dan mitra, adapun untuk lokasi Kampus UNSRI Bukit sendiri berada di Fakultas Kedokteran (bukit), FKIP Ogan, Graha Sriwijaya, Gedung KPA UNSRI Bukit Besar.

Dan untuk mitra sendiri dipusatkan di Universitas MDP (MDP IT Store) dijalan Sudirman KM 4, Universitas Indo Global Mandiri Gedung C, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Palembang. Adapun materi ujiannya sendiri ada dua yakni tes skolastik dan tes literasi. Untuk tes skolastik sendiri terdiri dari kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, serta pengetahuan kuantitatif.

“Sedangkan untuk tes literasi itu sendiri terdiri dari literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan penalaran Matematika,” jelasnya.(DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/