BeritaDaerah

Pelayanan Publik Pemkot Bandarlampung Alami Peningkatan

Bandarlampung, (www.JNnews.co.id) – Pelayanan publi di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengalami peningkatan, berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

“Berdasaran penilaian Kemenpan RB, pelayanan publik di kantor pemkot diapresiasi mengalami peningkatan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandarlampung, A Zainuddin, di Bandarlampung, Sabtu (1/5).

Dia mengatakan pihak Kemenpan RB secara keseluruhan telah meminta pemkot mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Terkait hal tersebut kami sedang menyiapkan pelayanan tambahan kepada masyarakat dengan aplikasi pelayanan online ‘masyarakat duduk manis’ (Permen Manis), dan ini sangat membuat antusias pihak Kemenpan RB,” kata dia.

Ia menyebutkan poin penting dalam pelayanan yakni kesiapan sumber daya manusia (SDM), apakah petugas sudah siap semua dan bagaimana cara melayani masyarakat dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan baik.

“Kemudian juga peralatan pendukungnya, jangan sampai kita mengklaim pembuatan dokumen kependudukan di sini cepat tapi faktanya lama. Tadi pihak kemenpan RB telah berbicara langsung dengan warga yang datang terkait pelayanan di sini, jadi tidak ada yang kita tutup-tutupi,” kata dia.

Sebelumnya, Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Noviana Andrina mengapresiasi peningkatan pelayanan publik yang dilakukan oleh Kota Bandarlampung dalam satu tahun terakhir.

-

“Kita tadi lihat di Gedung Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ini sudah banyak yang berubah dan peningkatan terutama pada pelayanan kependudukan dan perizinan,” kata Novi Adriana.

Ia mengungkapkan kedatangannya ke kota ini dalam rangka pendampingan peningkatan kualitas pelayanan publik yang salah satunya melihat tidaklanjut dari pelayanan mobile public yang sudah dicanangkan pada tahun 2020.

“Banyak perubahan di sini, dalam upayanya meningkatkan pelayanan, seperti mengurus perizinan sekarang sudah bisa melalui online,” kata Novi.

Bahkan, lanjut dia, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah banyak melakukan upaya dalam meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan pada masyarakat seperti telah tersedianya mesin M-Kios, dan Anjungan Duk Capil Mandiri (ADM), serta lainnya.

“Kalau kita beri nilai pelayanan di Gedung PTSP ini sudah sangat baik atau dalam huruf A minus, karena nilai tertinggi sudah pasti tercapainya pelayan prima, sehingga ini yang akan kita dorong terus, tidak hanya di Bandarlampung tapi di seluruh daerah,” kata dia.

editor Roy

redaksi –

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/