BeritaDaerah

Dialog Interaktif, Bupati Way Kanan Beberkan Capaian Pembangunan

Way Kanan-Lampung, (Jnnews) | Bupati Way Kanan menghadiri acara dialog interaktif pro 1 RRI Bandar Lampung di Studio RRI Bandar Lampung, pada Selasa (9/1/2024), bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Yusron Lutfi, S.H.,M.M dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Indra Zakariya Rayusman, S.H.,M.H.

Dalam dialog tersebut, Bupati Adipati menyampaikan terkait penilaian terhadap capaian pembangunan di Kabupaten Way Kanan selama masa kepemimpinannya, dimana dengan Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera dan mengampu empat misi, capaian yang telah diraih dalam Tata Kelola Pemerintahan semakin membaik yang ditandai dengan Indeks Reformasi Birokrasi tahun 2021 sebesar 51,43 poin meningkat menjadi 55,49 poin pada Tahun 2022. Nilai SAKIP Tahun 2022 sudah mencapai 60,06 dengan Kategori B, dan pada Tahun 2023 menjadi 60,2. Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2021 baru mencapai 63,7 poin meningkat menjadi 79.86 poin pada Tahun 2022 dengan Kategori Baik.

“Hasil penilaian BPK terhadap laporan Keuangan Daerah Kategori WTP sebanyak 12 Kali Berturut-turut, Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021 mencapai 52,05 poin meningkat menjadi 56,19 poin dengan kategori inovatif Tahun 2022. Selanjutnya Implementasi SPBE Tahun 2021 baru mencapai 2,10 poin meningkat menjadi 2,24 poin padda Tahun 2022 dan Kualitas Pelayanan Publik Tahun 2021 mencapai 3,60 poin meningkat pada Tahun 2022 menjadi 3,89 poin”, ujar Bupati Adipati.

Selanjutnya, capaian yang telah dicapai dimasa kepemimpinannya yaitu pada Kualitas Lingkungan Hidup dan Kualitas Sumber Daya Manusia yang semakin membaik, serta dari sisi Perekonomian Daerah juga terus mengalami pemulihan dan peningkatan yang dapat dilihat dari Pertumbuhan ekonomi, PDRB atas dasar harga berlaku (adhb), Kontribusi PDRB atas dasar harga berlaku disumbang terbesar oleh lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) serta Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang terus mengalami penurunan.

Bupati Way Kanan juga menyampaikan bahwa proyek pembangunan yang dianggap paling sukses pada kepemimpinannya yaitu bukan hanya sebatas infrastruktur tapi berbagai aspek, diantaranya Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia meningkat secara signifikan, Kesejahteraan Masyarakat misalnya Kemiskinan ada penurunan yang signifikan serta pada Pelayanan Publik bidang kesehatan, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam pada awal Tahun 2023 telah terakreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditas Rumah Sakit (LARS).

“Terkait strategi dalam mengatasi tantangan pembangunan di Way Kanan, Pemerintah Fokus dan Sinergis sera berkolaborasi dengan semua pihak dalam mengatasi isu-isu strategis baik Nasional maupun Daerah. Contoh kemiskinan, efek pandemi waktu itu sangat berpengaruh meningkatnya angka kemiskinan di Tahun 2020, kemudian kita semua fokus bersinergi dan berkolaborasi baik Perangkat Daerah, Pemerintah Kampung, Lembaga Sosial Kemasyarakatan dan Forum CSR bersama-sama berupaya menekan angka kemiskinan. Hasilnya Alhamdulillah pada Tahun 2022 BPS Way Kanan merilis bahwa angka kemiskinan kita turun menjadi 11,76% dan Tahun 2023 menurun kembali menjadi 11,02% yang untuk pertama kalinya mampu melampaui capaian tingkat kemiskinan Provinsi Lampung”, tutup Bupati. /SN

Pewarta ; Gambung

-

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/