BeritaDaerah

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampung Selatan di Desa Sidoreno Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Lampung Selatan, (Jnnews) | Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan, secara resmi membuka kegiatan lomba desa tingkat kabupaten tahun 2024, pada Senin (4/3/2024).

Kegiatan lomba tersebut mengusung tema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas”, yang dilaksanakan di kantor Desa Sidoreno dan dihadiri langsung oleh Camat Way Panji, Raden Luthfi Martadinata H, S.STP, beserta rombongan Forkopimcam, Kepala Dinas PMD, Erdiansyah SH.MM, Tim penilaian Kabupaten Lampung Selatan, ketua Apdesi dan kepala desa se-Kecamatan Way Panji.

Mengawali sambutannya Kepala Desa Sidoreno, Basori menyampaikan bahwa kesehatan dan pertanian dan pelayanan kartu keluarga jadi prioritas program Kades.

“Untuk pelayanan kesehatan sendiri kami telah tersedia pos kesehatan desa, juga bidang pertanian, Saya mengharapkan bidang pertanian ini ada campur tangan pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, apalagi sekarang ini petani kami kesulitan pupuk pak, jadi pupuk untuk menyuburkan tanaman itu hal yang sangat sulit sehingga petani kami ini belum bisa sejahtera dalam pertaniannya,” ucapnya.

“Kemudian dalam hal pelayanan administrasi, desa kami sudah bekerja sama dengan pihak catatan sipil (capil), maka kami Desa Sidoreno ini sudah menyiapkan untuk pembuatan Kartu Keluarga, akte kelahiran dan keterangan kematian sudah ada di Sidoreno sendiri jadi tidak perlu repot-repot  ke capil lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut Camat way panji, Raden Luthfi Martadinata H.S.STP, mengatakan dengan adanya evaluasi ini tentunya kita mengharapkan Kepada seluruh masyarakat desa sidoreno dengan adanya penilaian ini tentunya kita akan meningkatkan tingkat atau kriteria dari pada Desa sidoreno.

“Pada kesempatan ini juga kami mengharapkan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa sidoreno kiranya dapat membantu pemerintah Desa khususnya dalam rangka meningkatkan perkembangan Desa ini, oleh karenanya melalui lomba Desa ini Tentunya ke ikut sertaan masyarakat ini dapat membantu untuk meningkatkan dan tentunya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat desa sidoreno Ini,” tegas Raden luthfi Martadinata.

-

Ditempat yang sama, kadis PMD Lampung Selatan, Ardiansyah SH.MM menyampaikan sambutan tertulisnya Bupati Lampung selatan Nanang Ermanto.

“Izinkan saya mewakili bupati Lamsel, beliau menitipkan salam dan petmohonan ma’af bupati lampung Selatan belum bisa hadir karena beliau masih dalam tugas yang teramat penting, saya kadis PMD Lamsel sangat mengapresiasi kenerja kepala desa sidoreno karena di masa beliau menjabat sudah mampu menunjukkan perkembangan pembangunan desanya,” ucap Erdianayah SH., MM.

“Dengan adanya kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini yang sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba serta bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas pemerintahan dalam pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat desa,” terangnya.

Herdiansyah juga menyatakan ada dua indikator utama yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa yakni data indeks desa membangun IDM dan data profil desa dan keduanya menjadi tolak ukur bagi pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa.

“Saya berharap dengan adanya lomba Desa seperti ini akan adanya penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan hal tersebut sebagaimana di amanahkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan,” tutupnya. /sn

Pewarta ; Yahya Munir jn

red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/