BeritaDaerah

Akibat Pembangunan Komplek Perumahan,Warga Sampaikan Ke Harya,Pemukiman RW 06 Kelurahan Sukamaju Langganan Banjir

Palembang, JNNews.co.id –Akibat Pembangunan Komplek Perumahan di kelurahan sukamaju, Pemukiman warga RW 06 yang meliputi RT 07, 56, 43, 09, 44, dan 42 jadi langganan banjir. Tak tanggung -tanggung Banjir mencapai ketinggian 1 meter.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh warga saat kunjungan Reses masa persidangan ll tahun 2023 Anggota DPRD Kota Palembang Harya Prathystha Endhie Putra SH MH dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut warga RW 06, Pemukiman tempatnya jadi langganan Banjir walaupun hujan sebentar. Itu terjadi, kata warga sejak dibangunnya Komplek Perumahan yang dulunya merupakan Kolam pemancingan.

“Rumah saya langsung banjir pak saat hujan walaupun hujan hanya 1 jam, sejak adanya pembangunan komplek perumahan itu, mohon Carikan solusinya Pak dewan,”kata Warga Fathonah

Puluhan dari warga lainnya juga menyampaikan hal yang sama. Namun, ada juga warga yang menyampaikan dampak dari pembangunan jalan Nurdin Panji.

“Kalau rumah saya pak banjir sejak dibangunnya jalan Nurdin Panji, sehingga aliran air kita disi tidak berfungsi dengan baik. Bahkan kata dia air jadi tergenang, ketika hujan tempat kami jadi genangan air,”ucapnya

Selain itu, warga juga sempat mengeluh lampu jalan yang banyak mati, dan juga meminta agar ada pembangunan jalan ditinggikan lagi.

-

Untuk itu, warga membentuk Forum penanganan Banjir, meminta agar Anggota DPRD bisa memberikan kesempatan untuk menyampaikan secara langsung terkait keluhan warga terkhusus untuk banjir kepada pemerintah kota Palembang.

Menanggapi hal tersebut, Harya berencana akan langsung meninjau kondisi lapangan setelah Isoma untuk memastikan permasalahannya.

“Setelah istirahat dan shalat Zuhur saya bersama warga akan melihat langsung kondisinya seperti apa, apakah aliran airnya akan dilebarkan atau seperti apa permasalahannya,”katanya saat diwawancarai disela-sela kegiatannya, Sabtu (26/08/2023).

Harya juga menyebutkan pihaknya akan segera menjadwalkan Forum tersebut untuk bertemu dengan dinas terkait, agar segera direalisasikan.

“Sebentar lagi kan memasuki musim hujan, kasihan warga kalau harus mengalami kebanjiran secara terus-menerus, dan akan saya jadwalkan dengan Dinas untuk penanganan masalah banjir ini,”jelasnya

Padahal, kata dia sebelumnya Ia sempat meninjau dan dianggarkan melalui Musrenbang, Tapi sayangnya tidak terealisasi juga. “Kemaren kata warga sudah tiga kali di bawa ke rapat Musrenbang dan sudah centang hijau, tapi tiba-tiba dialihkan,”ucapnya

Karena, jelas Harya Pembangunan Drenase yang memakan anggaran cukup besar tidak bisa menggunakan uang Aspirasi saja, tapi harus menggunakan APBD.

“Kalau pembangunannya sedikit, bisa menggunakan uang Aspirasi. Tapi kalau pembangunannya panjang seperti yang dikatakan warga tadi perlu menggunakan APBD. Kalau menggunakan APBD itu hak Prerogatif Walikota,”imbuhnya

Maka dari itu, Dia sempat menanyakan kepada warga kenapa daerah Sako jarang tersentuh pembangunan oleh pemerintah kota Palembang, Apakah pada Pilkada kemaren Harnojoyo mendapatkan suara tertinggi disini.

“Kenapa daerah ini jarang ada pembangunan, padahal pada saat Pilkada 2019 lalu Harnojoyo menang disini,”ulasnya

Ia berharap agar PJ Walikota Palembang nanti memberikan pembangunan secara merata diseluruh wilayah kota Palembang bukan mengerucut pada satu sisi saja.

“Saya berharap di PJ Walikota nanti, ada pembangunan disini dan yang menjadi Keluhan warga terkait banjir ini segera terealisasikan,”harapnya (**)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/