Berita

ASTAGUNA Fokus Atasi Masalah Air Bersih dan Kembangkan Ekonomi Lokal di Banjar Pasekan Desa Dawan Kaler

KLUNGKUNG, jnnews.co.id I Masyarakat Desa Dawan Kaler, khususnya di Banjar Pasekan menyoroti air bersih, yang sudah lama menjadi menjadi permasalahan di daerahnya sendiri. Mengingat, air bersih menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi.

Untuk itu, Warga Desa Dawan Kaler berharap adanya solusi nyata, agar permasalahan air bersih dapat segera dituntaskan.

Hal tersebut mengemuka, saat Made Kasta dan Ketut Gunaksa sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Nomor Urut 1 melakukan Simakrama atau Pertemuan Tatap Muka di Banjar Pasekan, Desa Dawan Kaler, Kabupaten Klungkung, Minggu, 6 Oktober 2024.

Menanggapi hal tersebut, Made Kasta menyampaikan, bahwa pemenuhan kebutuhan dasar seperti air bersih merupakan tanggung jawab pemerintah dan ASTAGUNA berkomitmen untuk segera merealisasikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Dawan Kaler.

“Kami berkomitmen sesuai dengan kemampuan dana daerah, tidak muluk-muluk, namun tetap fokus pada hal yang bisa direalisasikan, apalagi air bersih sebagai kebutuhan utama dan itu harus dipenuhi,” kata Made Kasta.

Oleh karena itu, masyarakat diingatkan, untuk memilih berdasarkan hati nurani dan tidak terpengaruh oleh politik uang. “Pilihlah dengan hati, jangan tergoda politik uang,” tegasnya.

-

Tak hanya itu, Made Kasta juga menekankan pentingnya tata kelola potensi lokal yang berada di masing-masing desa, apalagi pengembangan ekonomi berbasis kearifan lokal merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi fokus ASTAGUNA.

“Itu sangat penting dilakukan tata kelola potensinya lokal di masing-masing desa demi  kesejahteraan masyarakat Klungkung,” urainya.

Hal senada juga diungkapkan Calon Wakil Bupati Klungkung,  Ketut Gunaksa, yang menambahkan, bahwa ASTAGUNA bakal memperbanyak pusat-pusat ekonomi yang berbasis kearifan lokal di setiap desa.

Hal tersebut, lanjutnya program ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di desa-desa yang masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Program Pemerintah Daerah ini harus benar-benar sesuai dengan aspirasi masyarakat Klungkung. Kami memastikan, bahwa program-program pembangunan datang dari bawah, dari desa, bukan hanya dari atas. Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan manfaatnya langsung,” tegasnya.

Selain itu, juga disebutkan, bahwa program Bantuan Keuangan Desa (BKK) yang sudah ada perlu dioptimalkan, lantaran setiap desa akan mendapatkan alokasi dana yang disesuaikan dengan kebutuhan real mereka, sehingga pengembangan infrastruktur desa, termasuk balai banjar dan fasilitas umum lainnya bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Bahkan, ASTAGUNA juga berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur yang mendukung pengembangan ekonomi lokal, seperti jembatan dan akses transportasi.

Salah satu yang menjadi perhatian ASTAGUNA adalah Jembatan Merah yang sudah selesai pembangunannya oleh Pemerintah Provinsi Bali.

“Terkait tata kelola, nanti ASTAGUNA akan perjuangkan, supaya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Klungkung, sehingga dari segi penyerapan tenaga terja juga lebih banyak melibatkan masyarakat lokal, yang otomatis memperlancar arus ekonomi antara desa-desa di Kabupaten Klungkung dengan pusat kota,” jelasnya.

Tak hanya itu, program pengembangan ekonomi ASTAGUNA juga akan fokus pada peningkatan kualitas tenaga kerja lokal.

Untuk itu, bakal didirikan pusat pelatihan keterampilan bagi masyarakat, khususnya generasi muda, agar mereka siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Bahkan, ditegaskan lagi, bahwa program-program yang dicanangkan oleh ASTAGUNA tidak hanya sekadar janji, namun dijalankan dan direalisasikan lewat aksi nyata, dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah dan aspirasi masyarakat.

“Kami tidak akan membuat janji yang tidak bisa dipenuhi. Setiap program yang kami tawarkan berdasarkan kebutuhan nyata dan potensi yang ada di Klungkung,” sebutnya.

Dengan dukungan masyarakat Banjar Pasekan dan seluruh Desa Dawan Kaler, ASTAGUNA optimis dapat memenangkan Pilkada Klungkung 2024 dan mewujudkan visi mereka untuk membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Klungkung.

“Kami siap bekerja keras dan mendengar aspirasi masyarakat demi Klungkung yang lebih maju dan sejahtera,” tutupnya.(jnnews).

Editor : Putu Gede Sudiatmika.

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/