BeritaDaerah

BBKT dan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur

Lampung Timur, (Jnnews) | Karang Taruna yang merupakan organisasi  sosial kemasyarakatan, sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat, yang tumbuh dan berkembang, atas dasar kesadaran  dan tanggungjawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat, terutama para generasi muda di Desa, yang bergerak di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Timur (Lamtim) M Dawam Rahardjo saat memberikan sambutan dalam acara Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Lampung Timur, pada Kamis (29/12/2022)

Lebihlanjut Bupati Dawam menyampaikan, Kita akui bersama, bahwa belum seluruh  masyarakat memahami, peran dan fungsi, serta kontribusi Karang Taruna, yang cukup penting  dalam pemberdayaan pemuda di berbagai bidang.

Oleh karena itu, dengan kegiatan  ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat, akan keberadaan  Karang Taruna, yang secara khusus membantu Pemerintah, dalam  program-program kesejahteraan sosial, yang bervisi pada pelayanan, kerelawanan dan pembelajaran, melalui pendekatan spirit perjuangan kepeloporan dan kesetiakawanan sosial, untuk membentuk jiwa pejuang berpengetahuan dan  berkepribadian.

Bupati Dawam juga berharap Melalui kesempatan ini, “saya mengharapkan agar gerakan Karang Taruna, senantiasa menjadi bagian yang penting di pedesaan, yang mampu membawakan aspirasi masyarakat, untuk dapat menyuarakan pembangunan.

Selanjutnya kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang tugasnya berkaitan dengan pembinaan pemuda, agar senantiasa meningkatkan kualitas dan aktifitas Karang Taruna, dalam penanganan permasalahan sosial, serta memberi arahan yang tepat bagi Karang Taruna, sehingga mampu menjadi jembatan sinergi,  yang menghubungkan pemerintah dan masyarakat, dalam harmoni sosial yang kuat, serta saling menguatkan.

Perlu untuk dipahami, bahwa Karang Taruna tidak bisa bekerja sendiri. Untuk itu, maka sangat diperlukan bimbingan, arahan, bantuan dan pemberdayaan, baik dari Pemerintah Daerah maupun stakeholder terkait.

-

Melalui kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna, mudah-mudahan semua diingatkan kembali, mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing, sehingga Karang Taruna dapat berperan sesuai dengan pedoman dasar, dalam melaksanakan pembinaan terhadap generasi muda dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Lampung Timur Semoga kegiatan ini berjalan lancar, serta dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat”, tutur Dawam.

Saya juga berharap kepada Karang Taruna,  kedepan agar bisa secara aktif, dalam menangani masalah-masalah kesejahteraan sosial di masyarakat. Para pengurus Karang Taruna harus benar-benar mempunyai rasa sosial yang tinggi, serta mampu mengembangkan usaha  ekonomi produktif dan  mandiri, sebagai sumber dana kegiatan organisasi. /SN

Pewarta ;  Rusman A

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/