Berita
Trending

Bupati Dan Wabup Bangli  Serahkan Banten Upasaksi Pengabenan Masal

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar , pada saat hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi  Desa Adat di Kabupaten Bangli  yang sedang  melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (ngaben masal). Senin (8/8).

BANGLI, jnnews.co.id || Merupakan tujuan awal sebelum menjabat, ingin  meringankan beban masyarakat Kabupaten Bangli  terkait  pelaksanaan upacara adat, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar Senin, (8/8) kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi  Desa Adat di Kabupaten Bangli  yang sedang  melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (ngaben masal).

Bupati Sedana  Arta  dalam kesempatan tersebut menyampaikan, semua yang dilakukan bersama jajarannya  ini merupakan wujud keperdulian terhadap masyarakat sesuai  program Pemerintah Kabupaten Bangli  guna  meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa Bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar 1 juta rupiah kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben masal.

dengan program ngaben masal ini, diharapkan dapat memberi dampak positif ditengah perkembangan teknologi yang kian melaju pesat, sehingga akan terjalin  hubungan kekerabatan yang lebih erat, kegotongroyongan semakin kuat dan  kekerabatan semakin kental.

“Apa yg diberikan dari pemerintah memang tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat dalam beryadnya , akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat  dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang layak sesuai karmanya masing-masing  “. “tutup Bupati Sedana Arta.

Adapun beberapa Desa Adat kali ini yang menerima bantuan Banten Upasaksi Pengabenan berdasarkan jumlah sawa  dengan perhitungan masing masing sawa  sebesar 1 juta rupiah, diantaranya Desa Adat Desa adat Bunutin Kintamani sebesar 39 juta rupiah , Desa Langgahan Kintamani 20 juta rupiah, Desa Adat Manikliyu 66 juta rupiah , dan Desa adat sekardadi sebesar 26 juta rupiah.

Turut hadir ditengah-tengah masyarakat  yang melaksanakan upacara ngaben masal saat itu Nyonya Sariasih Sedana Arta, Ny. Suci Diar, Sekda Kab. Bangli Ida bagus Gde Giri Putra,  Anggota DPRD Kab. Bangli , Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab. Bangli dan Camat se-Sebangli .

-

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Bangli dalam upacara ngaben masal tersebut disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat.

Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program  yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum.

Dimana salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben masal. Semoga program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru.(JN/TM).

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/