BeritaDaerah

Kehadiran IKN Nusantara Memberikan Dampak Positif Bagi Perekonomian Kaltim

Balikpapan, (Jnnews) | Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara  merupakan Anugerah bagi Kalimantan, terkhusus Kalimantan (Kaltim)  yang di tetapkan oleh Pemerintah sebagai Ibu Kota Negara Nusantara.

Menanggapi hal tersebut, Yuli Sinta Novianti Selaku Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kota Balikpapan Menerangkan kepada awak media berkaitan Kesiapan organisasi masyarakat menyambut Pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

“Pendapat saya tentang pemindahan Ibu Kota Nusantara ke Kaltim merupakan suatu anugerah yang Allah SWT berikan.  Selain merupakan anugerah ataupun apresiasi Ibu Kota Nusantara berpindah ke Kaltim tentunya melalui kajian, melalui penelitian, musyawarah, mufakat dan juga segala sesuatu yang sudah tentu dengan pemikiran yang matang, kenapa harus dipindahkan ibu kota pemerintahnya ke Kaltim di Penajam Paser Utara,” terangnya pada Rabu (2/11/2022).

Kemudian, Perpindahan tersebut berimbas kepada Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara, Kota Balikpapan dan Samarinda itu menjadi sesuatu berkah yang luar biasa. Kesiapan kami sebagai penduduk penyangga Ibu Kota Nusantara kami dari sisi SDM harus siap mental, juga secara pelatihan skill, secara sumber daya manusianya harus siap karena nanti kalau sudah menjadi ibu kota Nusantara. Bahkan dengan pemindahan manusia tentunya manusia yang akan berjuta-juta pindah karena pemerintahan itu begitu besar ada jutaan manusia yang akan pindah ke sini.

“Kami sebagai penduduk penyangga yang pertama kali kami harus siap untuk bisa bersaing, untuk bisa menerima, untuk bisa beradaptasi  menjadi lingkungan baru. Hal ini harus kita siapkan, dan saya sebagai ketua Srikandi Balikpapan, di setiap pertemuan selalu sampaikan kesiapan anggota mengadakan pelatihan, bagaimana beradab, bagaimana beretika supaya integritas juga bangkit tidak menjadi masyarakat daerah yang selalu saja dibilang tertinggal padahal tidak, karena secara intelektual itu maju pemikirannya,” ungkapnya.

Wanita yang kerap disapa Yuli menambahkan, Upaya yang dipersiapkan adalah skill kita, bagaimana kita bisa menghadapi IKN nanti, orang luar yang masuk ke kota Balikpapan. Kita yang menyambutnya karena kita pintu gerbang IKN. Sedangkan tantangannya tentu kita akan siap menghadapinya, kita tidak ingin menjadi seperti Jakarta, adanya kemacetan dan kondisi yang kurang kondusif dengan adanya tingkat kriminalitas. Hal ini tentunya agar dipikirkan dan dicarikan solusinya, sehingga yang ditransfer selain manusianya juga edukasinya dan kenyamanannya. Terlebih Balikpapan terkenal sebagai  Kota yang nyaman untuk dihuni sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara.

“Harapan ke depan adanya pemindahan IKN bahwa kita bisa ikut andil di dalamnya dan kami di organisasi ini siap untuk menjadi pelaku daripada usaha untuk pembangunan atau apapun namanya dalam pembangunan. Jangan sampai kami hanya menjadi penonton  di rumah kita sendiri,” harap Yuli.

-

Selain itu, Menurut saya dampak positif pemindahan IKN secara perekonomian bangkit, terus secara SDM harus bisa lebih maju lagi dan tentunya dengan seperti itu banyak hotel, catering, UMKM, pembangunan atau kontraktor bisa bangkit dan ekonomi menjadi maju.

“Kami DPC Srikandi Pemuda Pancasila siap menjadi garda terdepan, Siap ikut  mengawal pembangunan IKN dan kami siap menjadi garda terdepan apabila ada oknum yang ingin membatalkan ataupun ingin mengganggu pembangunan IKN Nusantara,” pungkasnya. /Sn

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/