BeritaDaerah

IKN Nusantara Mendorong Pertumbuhan UMKM di Kota Penyangga Balikpapan

Balikpapan, (Jnnews) | Adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dibangun Pemerintah Pusat di Kalimantan Timur (Kaltim), UMKM Auraria Batik Kota Balikpapan mengaku bangga, apalagi hal itu juga berpengaruh terhadap usaha yang dijalankan.

“Karena dengan adanya IKN kami bisa berusaha lebih maju lagi, dengan adanya pendatang ataupun pejabat-pejabat pemerintah serta para wisatawan yang datang ke Balikpapan bisa dapat membeli produk kami, sehingga usaha kami semakin lancar,” ujar Pimpinan UMKM Auraria Batik kota Balikpapan, Taufik Churohman, Senin (19/12/2022).

Taufik menjelaskan bahwa, UMKM Auraria Pengusaha Batik di Balikpapan, sudah memiliki beberapa produk yang siap dipasarkan seiring dengan pembangunan dan menyambut IKN. Produk itu antara lain, berupa batik tulis, batik cap dan batik printing, serta masker untuk keperluan masyarakat banyak.

Selanjutnya, kesiapan lain dengan adanya IKN, kelompoknya pun siap untuk bersaing dengan pengusaha-pengusaha lain yang datang ke Kalimantan. Dan UMKM Auraria Batik Balikpapan sejatinya meningkatkan produk yang sangat baik sehingga tidak kalah dengan pelaku UMKM luar daerah.

“Kami berusaha membuat produk beraneka ragam seperti batik dibuat tas, dibuat sepatu, dompet ataupun keperluan lain yang mungkin bisa digunakan menggunakan kain batik,” ungkapnya.

Selain itu, Dampak positif adanya IKN di Kalimantan sangat besar sekali bagi pihaknya, karena akan memacu penambahan produksi dan lebih menciptakan produk-produk yang semakin inovatif. Seperti khususnya, batik asli Balikpapan maupun seputaran kalimantan, bahkan dari luar daerah yang memungkinkan juga untuk dipasarkan, disebabkan dengan adanya kehadiran pendatang yang beraneka ragam berkunjung ke Balikpapan lalu di IKN.

“Upaya yang akan kami lakukan memperbanyak produk batik, baik itu batik tulis, batik printing ataupun batik cap. Dan kami juga akan mengembangkan batik ecoprint dan juga kita akan membuat batik warna alam. Kami juga punya gagasan membuat sulam tumpar, itu akan menambah daya beli masyarakat dan menambah hasil karya kita sendiri dari UMKM Auraria Batik Balikpapan,” kata Taufik.

-

Ia menambahkan, pengusaha UMKM Auraria sangat mendukung sekali dengan adanya IKN di Kalimantan, karena itu akan mendukung semua para pelaku usaha yang ada di kota Balikpapan. Dan juga pihaknya berharap bahwa pembangunan IKN dapat segera terwujud, apalagi Balikpapan sebagai pintu gerbang Kalimantan khususnya IKN.

“Saat ini bukan hanya pintu gerbang Kalimantan tapi adanya IKN memang benar-benar terwujud dan dibangun sesuai target pemerintah, maka justru Balikpapan lah sebagai kota penyangga mempunyai dampak yang positif baik untuk pengusaha ataupun untuk kewirausahaan lainnya,” tutupnya. /SN

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/