BeritaDaerah

Komunitas Relawan Muda Peduli Nusantara Raih Penghargaan Kategori Komunitas Penggiat Literasi

Palembang, JNNews.co.id –Komunitas Relawan Muda Peduli Nusantara (RMPN) mendapat penghargaan dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel untuk kategori Komunitas Penggiat Literasi. Penghargaan diserahkan langsung oleh PJ gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni pada acara Pembukaan Festival Literasi Tahun 2023 bertempat di Asrama Haji, Jumat (27/10/2023).

Ketua Relawan Muda Peduli Nusantara (RMPN) Johanes Firano, SH mengatakan Komunitas Relawan Muda Peduli Nusantara (RMPN) mendapat penghargaan dinas perpustakaan provinsi Sumsel.

“Komunitas yang saya dirikan 2020 yang lalu. Jadi ini tahun keempat ini, Alhamdulillah komunitas saya mendapatkan penghargaan sebagai komunitas penggiat literasi yang cukup aktif di Sumatera Selatan. Dan juga kita juga di tingkat kota Palembang pernah juara 1 Taman Bacaan Terbaik di kota Palembang pada tahun 2022. Jadi Alhamdulillah puncak prestasi dari adik-adik relawan kita bisa mendapatkan penghargaan yang langsung diberikan oleh PJ Gubernur Sumatera Selatan,” ujarnya.

“Alhamdulillah komunitas yang dilakukan oleh Relawan Muda Muda Nusantara ini saya punya rumah baca gratis, ada podcast kemudian ada rumah daring. Kemudian inovasi terbaru adalah mobil makan gratis. Jadi memang Alhamdulillah kita ini komunitas ini bergerak di empat bidang yakni pendidikan, sosial, kemanusiaan dan keagamaan,” tambahnya.

Dia menjelaskan, juga ada program mengaji gratis ada kelas inspirasi dan di sekretariat.

“Seluruh kegiatan sosial. Jadi ada seluruhnya di 4 fokus tadi. Alhamdulillah sudah berjalan 3 tahun insya Allah akan memasuki tahun ke-4 ini penghargaan kelima atau ketujuh yang kita terima dari provinsi Sumatera Selatan. Jadi banyak penghargaan yang sudah kita terima diantaranya Taman Bacaan Favorit, Taman Bacaan Terbaik kemudian kita juga ada malam anugerah relawan. Jadi sudah banyak penghargaan yang kita terima,” tuturnya.

“Untuk taman bacaannya Kita sebenarnya berpindah-pindah karena kita masih sewa. Sekarang ini posisinya ada di jalan Sukawinatan lorong Tut Wuri Handayani di Sukawinatan Sukarame,” katanya.

-

Lebih lanjut Johanes menjelaskan, untuk mobil makan gratis itu kita tergantung dari tim. Bisa Jumat dilaksanakan bisa Sabtu tapi untuk saat ini baru satu minggu sekali.

“Besok ada mobil makan gratis jadwalnya di jalan pipa reja di bekas kantor Camat Kemuning yang lama jam 11.00 siang,” ucapnya.

“Target ke depan rencana pengen punya mobil ambulans gratis. Jadi ini lagi berusaha bagaimana biar mobil ambulans gratis ini bisa berjalan dengan baik. Karena ini kita menggunakan dana pribadi, tidak menggunakan dana pemerintah jadinya kita memang membantu masyarakat dan dibantu oleh adik-adik relawan yang lainnya,” tandasnya. (DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/