BeritaTrending

Kunjungi Klungkung, Delegasi BBTF ke -10 2024, Makan Siang di Melangit Bali Adventure

15 Delegasi Travel Luar dan Dalam Negeri Nikmati Wisata Alam dan Kuliner Khas Bumi Serombotan Klungkung

SEMARAPURA, jnnews.co.id | BBTF 2024 yang dibuka pada Rabu (12/6/2024) oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury dan berlangsung sampai Jumat (14/6/2024).

Ketua Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali yang juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara BBTF 2024 I Putu Winastra menjelaskan, pameran tahun ini melibatkan 370 pembeli dari 45 negara.

“Buyer itu datang dari negara-negara di Eropa, Afrika, Australia, dan Amerika Serikat. Sedangkan penjual paket pariwisata yang ikut dalam BBTF tahun ini mencapai 282, meliputi pelaku usaha dari delapan negara seperti Nepal, Timor Leste, China, Amerika Serikat, Malaysia, Afrika Selatan, Iran serta Indonesia,”ujarnya.

Sementara itu, post trip diberikan kepada semua delegasi untuk memilih destinasi yang ada di Bali, sebagai acuan untuk membuat paket-paket yang akan dikemas oleh masing-masing travel agent itu sendiri.

Khususnya untuk Kabupaten Klungkung dihadiri oleh 15 delegasi travel agent luar dan dalam negeri untuk menikmati daya tarik wisata di Klungkung daratan dan Nusa Penida.

-

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Melangit Bali Adventure di Desa Bakas,Kecamatan Banjarangkan. Di lokasi ini delegasi BBTF dari berbagai negara mengikuti cooking class (belajar memasak) yakni membuat kue laklak. Kue laklak di Desa Bakas merupakan panganan khas desa setempat dan cukup terkenal di Kabupaten Klungkung.

Testurnya yang lembut dan menggunakan pewarna alami dari daun pandan membuat kue laklak terasa lembut dan gurih. Selain belajar membuat kue laklak, rombongan didampingi dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung disuguhi pentas budaya yakni tari barong dan tari kuda oncesrawa.

“Sangat suka,hampir mirip dengan tradisi di India (membuat) kue apem,”lontar delegasi asal India, Kumar Subramaniam, di Melangit Bali Adventure, Dusun Kawan Desa Bakas,Klungkung, Sabtu (15/6/2024).

Delegasi ini tertegun melihat penampilan tari kuda oncesrawa saat penari beratraksi memukulkan bara api ke sekujur tubuh penari. Demikian pula saat adegan penari menyantap bara api dalam serabut kelapa dan dupa.

Menurut Manager Operasional Melangit Bali Adventure, Sriutami, pementasan ini memang dipersiapkan pihaknya menyambut kedatangan para delegasi BBTF 2024.

“Kami berterima kasih kepada pihak panitia BBTF, Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, telah memilih Melangit Bali Adventure untuk lokasi kunjungan para delegasi BTF. Kami memang mempersiapkan pentas budaya Bali termasuk cooking class membuat jaja laklak yang menjadi andalan produk wisata kami,” tandas Sriutami.

Kunjungan delegasi BBTF 2024, kata Sriutami merupakan salah satu bentuk upaya promosi wisata. BBTF 2024 sebagai ajang bertemunya pembeli dari 45 negara dan penjual paket pariwisata termasuk pelaku usaha dari 8 negara, menjadi kesempatan bagi dirinya mempromosikan sekaligus menjual wisata yang ditawarkan di Melangit Bali Adventure, seperti wisata kayaking,camping,cooking class, trekking, swing, wisata cycling.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Ida Ayu Pujiastuti bersama Kabid Industri Pariwisata Kadek Angga Wijaya pun menyambut positif adanya kegiatan post tour dan memilih Kabupaten Klungkung.

“Ini potensi besar karena yang diundang kan agen perjalanan. Cara cepat memperkenalkan destinasi yang ada di Kabupaten Klungkung,” ungkap Ida Ayu Pujiastuti.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengharapkan gelaran BBTF2024  yang berlangsung di Nusa Dua, Badung sejak 12-14 Juni 2024 memperkuat capaian target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2024.

Dimana Pemerintah menargetkan 14 juta kunjungan tahun ini dan Bali diharapkan berkontribusi 7 juta kunjungan wisatawan dan dengan target transaksi antara seller dan buyer pada ajang BBTF 2024 dengan target transaksi Rp. 7,61 triliun. (jnnews).

Editor : Putu Gede Sudiatmika.

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/