BeritaDaerah

RSMH Palembang Mulai Vaksinasi Booster ke-2

Palembang, JNNews.co.idPemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah memulai vaksinasi Covid-19 booster kedua atau dosis keempat bagi tenaga kesehatan (Nakes).

Itu berdasarkan dari Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi SDM Kesehatan.

Pada surat edaran tersebut, dimana pemberian vaksinasi covid-19 dosis booster kedua diberikan dengan interval 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster kedua yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mulai hari Senin kemarin, tepatnya yakni tanggal 22 Agustus 2022 telah dilaksanakan Vaksinasi Covid-19 Booster ke dua bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Rumah Sakit Umum Palembang Dr H Mohammad Hossein (RSUP MH) Palembang.

Dikatakan Ketua Tim Vaksinasi 19 Booster ke 2 RSMH Harjito, SPd, SKep, Ners, MARS mengatakan bahwa dalam melaksanakan edaran Kemkes no HK.02.02/c/3615/ 2022 tentang Vaksinasi covid-19 dosis Booster ke dua bagi tenaga kesehatan RSMH ditunjuk untuk memulai Vaksinasi booster ke 2 ini.

Diketahui alasan nakes harus booster ke 2 ini adalah Nakes merupakan kelompok yg beresiko tinggi terpapar. Kemampuan Sub varian yg bisa menghindari kekebalan tubuh. Sudah 9 -12 bulan mendapatkan booster pertama sehingga antibodi menurun.

-

“Target sasaran keseluruhan di RSUP MH berjumlah 4.139 (SDM RSMH 3.175 org, PPDS Sp1 ;468 org, Sp2 ; 11 org dan dokter muda 485 org) Target penyelesaian 16 hari seluruh tenaga kesehatan di RSMH telah divaksin booster ke 2 ini,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) RSUP MH Palembang dr Msy Rita Dewi,M.S. Sp.A(K),MARS saat diwawancarai mengenai kelancaran pelaksanaan Vaksinasi covid-19 Booster ke 2 di RSMH “Alhamdulillah karena kita sudah pernah melaksanakan dari vaksinasi pertama sampai saat ini ya insya Allah pelaksanaan Vaksinasi covid-19 Booster ke 2 ini mudah-mudahan bisa berjalan lancar sampai selesai,” katanya.

Ditambahkannya, seluruh Civitas RSUP MH Palembang tentunya harus Vaksinasi covid-19 Booster ke 2 ini nah, dengan harapan ini menjadi satu role model atau contoh tidak takut untuk di vaksin, adanya vaksinasi dari seluruh SDM RSMH Palembang maka masyarakat pun meyakini bahwa vaksinasi ini memang penting dan harus dijalankan tanpa rasa takut,” bebernya.

Pelaksanaan kegiatan Vaksinasi covid-19 Booster ke 2 di RSMH Palembang tetap menerapkan protokol kesehatan, perlu diingat vaksinasi saja belum cukup memberi perlindungan prima dalam mencegah penularan. Sehingga penerapan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, tegasnya.(DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/