BeritaDaerah

Tingkatkan Penyerapan Lulusan SMK Unggul, Ketua Ketua BKK SMK se-Sumsel Gelar Capacity Building

Palembang, JNNews.co.id –Capacity Building bagi Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK se-Provinsi Sumatera Selatan tahun 2023 dengan tema Bergerak Bersama Meningkatkan Penyerapan Lulusan SMK Menuju Sumsel Maju Untuk Semua dilaksanakan di Asrama Haji 26 sampai 28 September 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs.Sutoko, MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel, Mondyaboni SE,S.Kom M,Si mengatakan, kegiatan Capacity Building bagi ketua BKK SMK se Provinsi Sumsel tahun 2023.

Dilatarbelakangi oleh perlunya membekali kompetensi profesional bagi ketua BKK SMK di Provinsi Sumatera Selatan. Tujuannya adalah untuk menyiapkan ketua BKK SMK se Provinsi Sumatera Selatan yang profesional. “Peserta kegiatan ini adalah ketua BKK SMK se Provinsi Sumatera Selatan dari 17 kabupaten kota sejumlah 90 orang,” ujarnya.

“Hasil yang diharapkan dari Capacity Building bagi ketua BKK se Provinsi Sumsel tahun 2023 ini adalah meningkatkan kapasitas dan peran ketua bursa kerja khusus SMK di Provinsi Sumatera Selatan yang profesional,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum BKK atau Kasi kurikulum SMK Lis Parida mengatakan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel memiliki program tiap tahun terkait tentang Capacity Building bagi ketua BKK SMK Se Provinsi Sumatera Selatan.

“Jadi kegiatan Capacity Building ini berjalan di tahun yang ke-4. Untuk kegiatan Capacity Building tahun ini itu ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya. Jadi kita ada inovasi dalam program ini salah satunya adalah materi yang kita berikan kepada ketua BKK itu ada namanya kegiatan outbound,” katanya.

Lebih lanjut Lis Parida menerangkan, Outbound ini tujuannya untuk membangun agar ketua BKK SMK itu bisa bekerja sama secara tim. Kemudian mereka itu ketika berhadapan dengan teman-teman di sekolah itu bagaimana mereka belajar menyelesaikan persoalan.

-

“Materi berikutnya kami ada yang namanya penguatan karakter berbasis mindset change itu yang disampaikan oleh prof Bambang dari Lembaga Psikologi. Harapan kami ini karena judulnya Capacity Building jadi kami ingin bagaimana membantu karakter daripada ketua BKK SMK ini agar mereka nanti mampu ketika mereka menjalankan peranannya di sekolah itu sebagai ketua BKK SMK,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, narasumber kegiatan yang dihadirkan adalah dari KADIN Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumsel, Forum HRD, Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Lembaga Psikologi dan Lembaga Outbound.

Lis Parida menjelaskan, ontuk Outbound kemudian ada juga tentang penguatan karakter yaitu berupa ESQ. Selain itu, ada materi tentang treasure study research studi adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh sekolah untuk melakukan pendataan keterserapan lulusan baik itu lulusan yang bekerja maupun yang berwirausaha ataupun yang melanjutkan.

“Pemateri kita ini tahun ini berbagai praktisi, selain dari Dinas Pendidikan Provinsi, kami melibatkan Dinas Tenagakerja Provinsi Sumsel yang merupakan mitranya BKK dalam jalankan tugasnya. Kemudian kita juga melibatkan praktisi dari industri karena BKK SMK itu berkaitan dengan industri tentang proses rekrutmen,” bebernya

“Kemudian kita melibatkan pihak-pihak lain yang tujuannya untuk menunjang capacity daripada ketua BKK SMK itu nanti dalam menjalankan tugasnya. Karena BKK SMK ini ketika menjalankan tugasnya mereka tidak bekerja sendiri. Tapi mereka akan bekerja bersama tim yang ada di sekolah masing-masing. Ini perlu kita bangun perlu kita tanamkan kepada ketua BKK SMK bagaimana mereka bekerja sama dengan tim di sekolah itu seperti apa. Kemudian bagaimana mereka itu berkolaborasi bersinergi tidak hanya dengan tim di sekolah tapi juga dengan pihak-pihak luar terutama dari pihak industri,” tandasnya. (DNL)

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/