BeritaDaerah

Usai Dibangun, Gedung Senilai Rp. 13 M Terlantar di Kota Langsa

Kota Langsa, (Jnnews) || Ketua DPW Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Dan Pengawas Anggaran RI ( BPI KPNPA RI ) Aceh Chaidir Hasballah, SE, menanggapi sebuah gedung bertingkat yang terletak di Gampong Seriget Kecamatan Langsa Barat yang sudah tampak kumuh dan tidak terpakai lagi.

Dalam bincangnya kepada Awak Media ini, Minggu, (7/8/2022), Chaidir Hasballah mengatakan sangat menyayangkan sekali keberadaan gedung Rusunawa itu, karena terbengkalai tanpa ada perawatan.

Sebenarnya pembangunan sebuah gedung mewah seperti Rusunawa itu diperuntukkan untuk apa ?

Dia juga mengatakan saat berkunjung ke Rusunawa, bangunan tersebut sudah nampak retak, meteran listriknya pun sudah banyak yang hilang, serta mobiler sudah tidak nampak lagi digedung tersebut”, tuturnya.

Foto; Rec.dok

Lanjutnya padahal gedung tersebut sudah menyerap anggaran sebesar Rp.13 M dari anggaran APBN Tahun anggaran 2019, sehingga saya pun jadi bertanya milik siapakah gedung 3 lantai  yang megah tersebut ?

Sama sama kita ketahui saat pandemi Covid-19 gedung tersebut dipergunakan oleh Dinas Kesehatan Kota Langsa, sebagai rumah singgah atau ruang isolasi bagi masyarakat Kota langsa yang terpapar Covid-19, namun saat pandemi Covid – 19 sudah menjadi Endemi, seolah gedung itu terlantar dan tidak terawat lagi.

Padahal kita ketahui bersama bahwa keberadaan Rusunawa Kota Langsa itu Sebagai tempat hunian, Rusunawa menjadi jawaban akan pemenuhan kebutuhan papan khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan usaha yang tentunya dalam skala kecil. Ketersediaan fasilitas sosial dan fasilitas umum juga menunjang kelayakan rusunawa, tuturnya.

-

Saya sebagai Ketua DPW BPI KPNPA RI aceh, sangat menyayangkan sekali keterlantaran, dan tidak dipergunakannya  gedung tersebut yang menggunakan Anggaran bersumber dari  APBN tahun 2019.

Sehingga banyak pertanyaan dibenak saya, salah satunya letak keberadaan gedung tersebut sebenarnya diatas tanah siapa?

Saya berharap kepada lembaga penegak hukum untuk mengusut tuntas keberadaan gedung tersebut yang telah menggunakan uang negara yang bersumber dari APBN tersebut.

Sehingga kita sama-sama bisa mengetahui diperuntukkan untuk siapakah gedung rusunawa itu?. /Sn

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/