BeritaDaerah

Wakil Bupati Lampung Timur Melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator

Lampung Timur, (Jnnews) | Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi melantik 5 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, dan 3 orang Pejabat Administrator. Pelantikan tersebut sesuai surat Keputusan Bupati Lampung Timur Nomor : 821.22/ 331 /22-SK/2023, Nomor : 821.23/ 332 /22 SK/2023, di Aula Atas Pemkab Lampung Timur, Rabu (1/3/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi menyampaikan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrator, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang dilantik hari ini guna menjaga kesinambungan, pelaksanaan pemerintahan, dan pembangunan serta pelayanan publik, maka pengisian jabatan, Pimpinan Tinggi Pratama, dan Pejabat Administrator, Kabupaten Lampung Timur, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yaitu : Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil; Peraturan Menteri Pendayagunaan, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah;Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-113/JP.00.01/01/2023 tanggal 09 Januari 2023, Hal Rekomendasi Rencana Uji Kompetensi PPT Pratama dalam rangka mutasi di Lingkungan Pemerintah

Kabupaten Lampung Timur;Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B700/JP.00.01/02/2023 Tanggal 16 Februari 2023 hal Rekomendasi Hasil Uji Kompetensi PPT Pratama Dalam Rangka Mutasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan,Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), dipersyaratkan terpenuhinya kualifikasi (persyaratan jabatan) baik dari segi kepangkatan,pendidikan formal, pelatihan/Diklat,integritas/moral,rekam jejak/ pengalaman kerja serta kompetensi yaitu kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural. Disamping itu, sejalan dengan tata kelola, pemerintahan yang baik (good governance) guna meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik, maka dalam rangka pengisian JPT Pratama dilakukan dengan sistem merit, yaitu sistem yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja pegawai serta tidak diskriminatif.

Pelaksanaan uji kompetensi JPT Pratama dilaksanakan melalui tahapan yaitu: Pembentukan panitia seleksi; Penilaian rekam jejak / administrasi; Penilaian uji kompetensi; Penilaian makalah; dan Wawancara.

Dalam rangka mewujudkan, tata pemerintahan yang baik, dan kelancaran penyelenggaraan, tugas pembangunan, sosok Pegawai Negeri Sipil yang profesional sangat dibutuhkan, Profesionalitas seorang Pegawai Negeri Sipil yang ditampilkan melalui kemampuan melayani masyarakat dengan cepat dan berkualitas. Dalam kesempatan ini, saya minta kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk memperhatikan, hal-hal sebagai berikut: Pertama, segeralah lakukan adaptasi, terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing, serta bangun koordinasi, komunikasi dan kerja sama efektif, secara berjenjang, baik dengan pimpinan ataupun dengan atasan. Kedua, perlu kita sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan mudah, apalagi kebutuhan dan kepentingan masyarakat semakin meningkat dan beragam.

Oleh karena itu, segera pelajari dan pahami tupoksi serta lingkungan kerja masing-masing secara cepat dan akurat sehingga proses adaptasi pegawai berjalan secara cepat, dan tingkatkan motivasi dan semangat kerja, sehingga tugas-tugas yang telah dipercayakan dapat dilaksanakan dengan baik. Ketiga, saya ingatkan kepada pejabat, yang baru dilantik untuk selalu mengayomi, dan melindungi bawahannya, terutama memberikan arahan, sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.Jabatan yang saudara emban bukanlah hak tetapi kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan dan merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat.

-

Keempat, ciptakanlah suasana kerja yang kondusif dan pupuk kerja sama yang baik diantara pimpinan dan staff di Lingkungan Unit Kerja saudara agar tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab dapat dicapai dengan hasil maksimal.Ingatlah bahwa keberhasilan dan kesuksesan kerja seorang atasan tidak akan bisa diraih tanpa ada dukungan penuh dari para bawahan.Ini perlu menjadi perhatian bagi  semua pejabat yang ada di Lingkungan Pemerintah Lampung Timur.

Untuk itu, kepada pejabat yang baru saja di lantik, agar senantiasa bekerja keras, dan menjunjung tinggi komitmen, serta berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas dan integritasnya sebagai abdi negara sekaligus pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik yaitu,SYAHRUL SYAH, S.Pd Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Drs. WIRHAM RIADI, M.M Asisten Bidang Administrasi Umum, JUNAIDI, S.E., M.M.Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, SUBANDRI, S.H., M.M Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik dan MOHAMMAD RIDWAN,S.H.,M.M Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.Kemudian Pejabat Administrator, MIFTAHUDDIN,S.Sos Camat Braja Selebah, HENDRA SEPTIAWAN, S.H., M.H. Camat Sukadana dan ADJI WIGUNA, S.E Camat Bumi Agung. /Sn

Pewarta ; Rusman

Red

About Author

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
https://jnnews.co.id/